Home > Hukum > LBH Bandar Lampung Gelar Penyuluhan Hukum di Lapas kelas 1 Raja Basa

LBH Bandar Lampung Gelar Penyuluhan Hukum di Lapas kelas 1 Raja Basa

Bandar Lampung, AKTIVISI – Penyuluhan  hukum serentak se-Indonesia yang di gagas oleh kementrian hukum dan HAM pada tanggal 28 januari 2006, kemarin (hari ini, Red) berlangsung di 5000 titik. LBH Bandar Lampung berkesempatan menyelenggarakannya di Lapas kelas 1 Raja Basa, Kamis, (28/1).

Dalam kesempatan itu juga LBH Bandar Lampung memberikan materi bantuan hukum Cuma – Cuma dan juga materi tentang masyarakat ekonomi asean (MEA). 
Materi ini di ambil karena saat ini kita sudah berada dalam era MEA. Untuk itu dirasa perlu adanya satu pembekalan kepada masyarakat agar bisa menghadapi era MEA dengan cerdas hukum.

Dalam pembukaan penyuluhan hukum yang di hadiri oleh direktur LBH Bandar Lampung Alian Setiadi, Pj Wali Kota Bandar Lampung Sulpakar, dan Kepala Lapas kelas 1 Bandar Lampung Petrus Kunto Wiryanto. Peserta penyuluhan hukum di lapas kelas 1 Bandar Lampung ini adalah 300 lebih warga binaan, dari sebanyak 300 warga binaan itu ada yang menarik dari peserta yaitu terlihat pula mantan Bupati Lampung Tengah Andi Ahmad Sampurna Jaya dan mantan Bupati Lampung Selatan Wendy Melfa yang keduanya sedang menjalani hukuman atas tindak pidana korupsi.

LBH Bandar Lampung berharap dengan acara penyuluhan hukum ini memberikan pengertian hukum bukan sesuatu yang menakutkan, karena hukum adalah seperangkat norma yang sangat penting untuk membangun tata tertib masyarakat serta mendorong dinamika kehidupan masyarakat. Oleh karena itu perlu diciptakan substansi hukum yang baik, mudah ditaati oleh siapapun, tanpa harus dengan paksaan. Hal ini dapat berjalan dengan baik jika masyarakat kita sudah menjadikan hukum sebagai bagian dari budaya masyarakat. Jika kedua komponen ini sudah berjalan dengan baik, maka keberadaan aparat penegak hukum tidak lagi menakutkan tetapi sebagai bagian terpenting untuk menciptakan keadilan di masyarakat.

About Tsaqif

Tsaqif
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

rikwanto2

Penyebar Berita Hoax Bisa Dipenjara Enam Tahun

Jakarta, Aktivisi – Pihak kepolisian republik Indonesia akan menindak tegas bagi orang yang menyebarkan informasi …

Tinggalkan Balasan