Home > Berita > Adipati : Manfaatkan Dana Kampung Secara Efektif dan Efisien
5 [Lebar Max 1024 Tinggi Max 768]

Adipati : Manfaatkan Dana Kampung Secara Efektif dan Efisien

Way Kanan, Aktivisi

Bupati Way Kanan H.Raden Adipati Surya berharap pemerintah kampung setempat untuk bisa memanfaatkan secara efektif, efisien, dan fokus pada program prioritas.

Dengan adanya peningkatan dana kampung pada tahun 2017 dari APBD Way Kanan sebesar 69 M dan APBN sebesar 174 M.

“Peningkatan kapasitas pemerintahan kampung telah kita upayakan dengan menerbirkan pedoman dan melakukan pembinaan, antara lain hasilnya dalam bentuk peraturan daerah (Perda) dan peraturan bupati (Perbup),” kata dia di Blambangan Umpu, Senin (20/2).

Oleh karena itu, Adipati menginginkan pemerintah kampung harus mempelajari betul semua regulasi terkait pemerintahan kampung, termasuk perda dan perbup yang sudah diterbitkan antara lain; tentang pedoman pengelolaan keuangan kampung, tata cara pembagian dan penetapan bagi hasil kampung, pengadaan barang dan jasa di kampung, serta pedoman penyusunan perencanaan kampung, dan pedoman APBK dan lain-lain.

Selanjutnya, aparatur kampung harus segera menyiapkan dan menata tata kelola pemerintahan kampung, kemudian melakukan sinkronisasi perencanaan pada tahun 2017 dengan fokus pada prioritas pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat setempat.

Adapun bidang-bidang yang perlu mendapat perhatian, antara lain infrastruktur dasar skala desa, seperti  jalan desa, jembatan, irigasi desa, air minum,  sarana dan prasarana umum lain, bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan prasarana pemerintahan kampung.

 

Baca juga : Refleksi Satu Tahun Masa Kepemimpinan BERANI

About Tsaqif

Tsaqif
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

FB_IMG_1566124384839

GERAK BANSER HUSADA DI UJUNG BARAT JAWA BARAT

Hari ini, 18 Agustus 2019 masih dalam rangka memeriahkan hari kemerderkaan Republik Indonesia Unit Khusus …

Tinggalkan Balasan