Home > Health > Waykanan Gelar Operasi Katarak Gratis

Waykanan Gelar Operasi Katarak Gratis

    Waykanan, AKTIVISI –  Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, Jum’at (23/5) mengadakan operasi katarak massal dan gratis yang dibiayai menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) di RSUD ZA Pagar Alam. 
    Operasi katarak yang diadakan tersebut disambut antusias oleh penderita katarak yang umumnya mereka sudah usia lanjut, namun operasi hanya bisa dilakukan bagi 60 orang yang memenuhi syarat-syarat.
    Kegiatan sosial tersebut mendatangkan dokter spesialis mata dan tenaga medis dari Provinsi Sumatra Selatan, Palembang.
    “Katarak ini sendiri merupakan adalah penyakit ketika lensa mata menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya dan apabila dibiarkan akan perlahan menyebabkan kehilangan penglihatan. Peserta yang diperkirakan lebih dari 60 orang ini menjalani tes kesehatan dahulu yakni pengecekan tensi darah, gula darah dan tes penglihatan. Hal ini merupakan tahapan penting, karena jika pasien mengalami tensi darahnya meningkat dan mempunyai kadar gula dalam tubuh tinggi, maka peserta yang ikut harus menjalani pengobatan terlebih dahulu sebelum dilakukannya pengoperasian,” kata Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Waykanan Edwin Rusli.

     Foto: Ilustrasi. Ist

 

About Haura

Haura
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

Illustrasi

Cegah “Emotional Eating” Saat Emosi

Aktivisi – Tak sedikit orang yang terbiasa makan demi mencari ketenangan emosi, bukan karena lapar. …

Tinggalkan Balasan