Home > Politik > Waspadai Musrenbang Politik
Musrenbang di semua tingkatan rawan dimanfaatkan untuk penggalangan dukungan

Waspadai Musrenbang Politik

    Semarang, AKTIVISI – Anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah Sriyanto Saputro meminta semua pihak mewaspadai kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan di semua tingkatan digunakan untuk menggalang dukungan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di 16 kabupaten dan kota se-Jateng pada 2015.
     “Musrenbang di semua tingkatan rawan dimanfaatkan untuk penggalangan dukungan, apalagi di tahun-tahun politik seperti sekarang sehingga semua pihak harus sama-sama mengawasi serta mengawal pelaksanaannya di masing-masing daerah,” katanya di Semarang, Senin (26/1).
    Menurut dia, pihak-pihak yang berpotensi melakukan penyalahgunaan pelaksanaan musrenbang untuk menggalang dukungan adalah kepala daerah yang berafiliasi ke partai politik.
    “Apalagi jika ada ‘incumbent’ yang ingin maju pilkada lagi, kemungkinan memanfaatkan musrenbang untuk kepentingan pribadi cukup besar dan disinilah pentingnya jiwa besar dari bupati/wali kota yang berafiliasi dengan parpol,” ujar politikus Partai Gerindra itu.
    Selain diawasi oleh semua pihak, Sriyanto menilai bahwa perlu ada skala prioritas dan transparansi pada musrenbang terkait dengan usulan masyarakat yang bisa diakomodasi serta yang tidak.
    “Masyarakat harus tahu terkait dengan realisasi usulan-usulan program pembangunan karena yang banyak terjadi adalah usulan-usulan masyarakat ditumpuk semua, sedangkan kelanjutannya tidak jelas padahal tindak lanjutnya itu yang terpenting,” katanya.
    Dia mengaku prihatin dengan adanya jadwal musrenbang fiktif di Desa Limbangan, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, pada seperti yang ditemukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melakukan inspeksi mendadak pada Rabu (21/1).
    “Informasi musrenbang fiktif sudah terdengar sejak lama, tapi saya tidak mempunyai data yang rinci dan kesalahan yang terjadi selama ini karena masih dikedepankannya formalitas musrenbang,” ujarnya sperti dilansir Kantor Berita Antara.
     Ke-16 daerah di Jateng yang akan melaksanakan pilkada pada 2015 itu adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Purbalingga, Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali dan Kendal, Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Semarang, Purworejo, Wonosobo, Wonogiri, Klaten dan Kabupaten Blora.
     Sebenarnya di Jateng ada 17 daerah yang masa akhir jabatan kepala daerahnya berakhir 2015 tapi Bupati Pemalang akan memasuki purna tugas pada akhir 2015 sehingga pelaksanaan pilkada baru dilakukan 2016.

    Foto: Ilustrasi Musrenbang. Ist

About Hamas

Hamas
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

13

Adipati Terima Hasil Tes Tertulis dan Narkoba Balon Kakam Way Kanan

Way Kanan, AKtivisi – Bupati Way Kanan H.Raden Adipati Surya didampingin Wakil Bupati Edward Antony …

Tinggalkan Balasan