Home > Ekonomi > Populasi Sapi Perah di Malang Menyusut
Populasi sapi perah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dari tahun ke tahun terus menyusut

Populasi Sapi Perah di Malang Menyusut

Produksi susu segar di Kabupaten Malang, lanjutnya, saat ini rata-rata hanya sekitar 1.000 liter, padahal kebutuhan dari Industri Pengolah Susu (IPS) rata-rata sebanyak 1.700 liter per hari, sehingga masih ada minus 700 liter setiap harinya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Sudjono di Malang, Senin (13/10), mengatakan untuk mempercepat penambahan populasi sapi perah tersebut, pemkab memprioritaskan bantuan untuk pengadaan sapi perah ketimbang sapi potong. Tahun ini, Pemkab Malang menyiapkan 185 ekor bibit sapi perah untuk disalurkan pada kelompok peternak, sedangkan untuk sapi potong hanya 10 ekor.

“Tahun ini kami memang lebih memprioritaskan bibit sapi perah daripada sapi potong karena selain untuk mengantisipasi terus menurunnya jumlah sapi, juga untuk meningkatkan produksi susu segar yang setiap tahun juga terus menurun,” ujarnya.

Produksi susu segar di Kabupaten Malang, lanjutnya, saat ini rata-rata hanya sekitar 1.000 liter, padahal kebutuhan dari Industri Pengolah Susu (IPS) rata-rata sebanyak 1.700 liter per hari, sehingga masih ada minus 700 liter setiap harinya. Lebih lanjut, Sudjono mengatakan anggaran untuk pengadaan bibit sapi perah sebanyak 185 ekor itu sebesar Rp3 miliar, namun akan direalisasikan secara bertahap. Saat ini baru 80 ekor sapi yang sudah didistribusikan pada kelompok peternak di Kecamatan Wajak, Poncokusumo dan Tumpang, sedangkan 100 ekor lainnya dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun 2014.

Menurut dia, bibit sapi perah yang didistribusikan pada kelompok peternak rata-rata berusia sekitar 2,5 tahun yang didatangkan dari berbagai daerah, seperti Kecamatan Pujon dan Kabupaten Pasuruan. Harga bibit sapi perah tersebut sekitar Rp17 juta per ekor, namun tidak semua kelompok peternak bisa mendapatkan bibit sapi perah tersebut, karena harus memenuhi kriteria tertentu. Antara

About Eruadanya

Eruadanya
Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik.

Mungkin Anda Suka

5 [Lebar Max 1024 Tinggi Max 768]

Adipati : Manfaatkan Dana Kampung Secara Efektif dan Efisien

Way Kanan, Aktivisi Bupati Way Kanan H.Raden Adipati Surya berharap pemerintah kampung setempat untuk bisa …

Tinggalkan Balasan