Home > Berita > PMI Way Kanan Menggelar Pelatihan Pertolongan Pertama Bersama Masyarakat Setempat
WhatsApp Image 2017-01-14 at 13.17.57

PMI Way Kanan Menggelar Pelatihan Pertolongan Pertama Bersama Masyarakat Setempat

Way Kanan, Aktivisi

Pertolongan pertama adalah pertolongan segera kepada orang sakit atau cidera yang membutuhkan penanganan media dasar. Media dasar merupakan tindakan pertolongan sesuai kaidah-kaidah kedokteran yang dapat dimiliki oleh orang awam.

Mengenai hal tersebut Palang Merah Indonesia (PMI) Way Kanan menggelar pelatihan pertolongan pertama bersama masyarakat Kampung Way Pisang Kecamatan Way Tuba di Balai Kampung Way Pisang, Sabtu (14/1).

Adapun tujuan diadakan pelatihan tersebut, agar masyarakat terampil dalam menangani orang yang mengalami cidera patah tulang, terkilir, pendarahan, bantuan pernapasann, syok, dan mampu mengevakuasi korban ketempat yang lebih aman.

Rega Andry Irawan selaku pelatih PMI Way Kanan mengatakan, masyarakat awam yang dilatih akan menjadi orang awam yang terlatih untuk melakukan pertolongan pertama dengan maksud untuk menyelamatkan jiwa, mencegah cact, serta menunjang penyembuhan.

“PMI berkewajiban untuk menyebarluaskan keterampilan pertolongan pertama kepada masyarakat, dan kami terus berkomitmen memberikan pelayanan gawat darurat guna membantu masyarakat dan pemerintah dalam bidang kesehatan” kata dia.

Mayarakat, ujar Rega melanjutkan, selaku orang yang pertama memberi upaya pertolongan ketika terjadi kecelakaan disekitarnya. Masyarakat yang tanggap akan memberikan tindakan pertolongan utama sembari menunggu datang bantuan untuk korban agar dapat ditolong dengan cepat, tepat, dan benar.

Sementara itu, Sekretaris Kampung Way Pisang Awalludin mengapresiasi langkah yang dilakukan PMI.
“Kami sangat berterima kasih kepada PMI yang telah memberikan pelatihan ini kepada masyarakat kami, sehingga dapat tahu dan memberikan pertolongan kepada orang yang mengalami kecelakaan,” ujarnya.

Dirinya juga berharap penanganan darurat dapat singkron dengan dinas kesehatan, agar mempermudah pertolongan jika terjadi kecelakaan.

Pelatihan pertolongan pertama PMI diikuti sebanyak 35 peserta yang terdiri dari unsur anggota Linmas, Pemerintah Desa, BPK, Karang Taruna, Tim Penggerak PKK, serta Kader Kesehatan.

About Tsaqif

Tsaqif
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

IMG_20180626_083935

Jelang Konferwil IPNU Lampung, Sejumlah Kandidat Ketua Bermunculan

Jelang Konferensi Wilayah (Konferwil) IPNU Lampung yang akan digelar pertengahan tahun 2018 ini sejumlah nama …

Tinggalkan Balasan