Home > Health > Permainan Tablet Dapat Deteksi Autisme pada Anak
Foto ilustrasi. Ist
Foto ilustrasi. Ist

Permainan Tablet Dapat Deteksi Autisme pada Anak

Aktivisi – Baru-baru ini, para peneliti menemukan cara mendeteksi kemungkinan austisme pada anak dengan cara mengamati jari anak-anak ketika bermain game.

Anak autis cenderung menggunakan kekuatan yang lebih besar dan menggerakkan jari mereka dengan cara yang berbeda. Diharapkan, penemuan ini dapat mendeteksi adanya kondisi autis lebih dini.

Dr Jonathan Delafield-Butt, peneliti dari University of Strathclyde mengatakan, “Temuan ini merupakan terobosan besar untuk identifikasi awal autisme, karena tidak mengharuskan adanya tes yang mahal ataupun keterlibatan dokter.”

Permainan baru ini menawarkan cara yang lebih murah, lebih cepat, dan menyenangkan untuk pengujian kemungkinan adanya kondisi autisme.

“Tapi, temuan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaatnya dan menguji keterbatasannya,” kata Delafied-Butt lagi.

Untuk studi ini, anak-anak dengan kondisi autis diminta memainkan game yang mampu mengukur gerakan dan bahasa tubuh mereka. Hasilnya, terungkap bahwa mereka menggunakan kekuatan yang lebih besar dan dengan distribusi gerakan yang berbeda dibanding anak-anak dengan kondisi nonautis.

Penelitian ini merupakan kolaborasi antara tim University of Strathclyde dengan perusahaan start up Harimata. Baca juga (Kuras Racun dalam Jiwa dengan Detoks Emosi).

Sumber : Kompas

About Tsaqif

Tsaqif
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

Illustrasi

Cegah “Emotional Eating” Saat Emosi

Aktivisi – Tak sedikit orang yang terbiasa makan demi mencari ketenangan emosi, bukan karena lapar. …

Tinggalkan Balasan