Home > Berita > Peran BAZNAS Dalam Menyebarkan Nilai Zakat di Tengah Masyarakat
5 [Lebar Max 1024 Tinggi Max 768]

Peran BAZNAS Dalam Menyebarkan Nilai Zakat di Tengah Masyarakat

Way Kanan, Aktivisi

“Peran dan kontribusi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kepada masyarakat, khususnya umat Islam, tidak hanya dalam ukuran yang bersifat kuantitatif akan tetapi ukuran yang bersifat kualitatif juga, terutama peran BAZNAS dalam menyebarluaskan nilai-nilai zakat di tengah masyarakat,” demikian disampaikan Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Way Kanan pada rapat pembentukan Unit Zakat (UPZ) dan Sosialisasi Program BAZNAS Way Kanan di Aula PKK setempat, Senin (23/1).

Yakni nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, etos kerja, etika kerja dalam mencari rezeki yang halal dan baik, serta nilai-nilai zakat yang terkait dengan pembangunan karakter manusia (chacter building)  sebagai insan yang harus memberi manfaat bagi sesama.

“BAZNAS harus mengembangkan sosialisasi zakat, pelatihan bagi para amil, dan terobosan program sosial kemanusiaan untuk meningkatkan nilai kemanfaatan zakat dan nilai kemanfaatan dari keberadaan BAZNAS itu sendiri,” ujarnya.

Pada prinsipnya zakat adalah dari umat dan untuk umat, dalam konteks melindungi agama, jiwa, kehormatan.

Mobilisasi dana, ujar Edward melanjutkan, zakat harus berbanding lurus dengan peningkatan jumlah orang miskin yang tertolong kehidupannya. Pengelolaan zakat harus memenuhi aspek akuntabilitas yang dibuktikan dengan hasil audit keuangan dan audit syariah.

Selain itu, BAZNAS dan semua pengelola zakat wajib mengupayakan kemudahan akses bagi orang miskin terhadap dana zakat.
“Hal ini harus menjadi ruh dan spirit pengelolaaan zakat yang dikembangkan BAZNAS dan semua lembaga pengelola zakat,” pungkasnya.

About Haura

Haura
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

c44372c4-e882-4f27-9a2d-c21b5accddc0

H Aly Murtadhlo, Pesantren Benteng Pertahanan Moral Bangsa

Pesantren memiliki peran sentral dalam membangun moral bangsa. Kehadiran pesantren diharapkan bisa mencetak generasi pemimpin …

Tinggalkan Balasan