Home > Hukum > Pemkot Siapkan Perda Bantuan Hukum Bagi Warga

Pemkot Siapkan Perda Bantuan Hukum Bagi Warga

Tangerang, Aktivisi – Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menyiapkan bantuan hukum bagi warga melalui Rancangan Peraturan Daerah yang telah disampaikan kepada DPRD untuk dibahas.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, di Tangerang, Selasa, mengatakan, bentuk bantuan layanan hukum yang akan diberikan mencakup layanan hukum litigasi dan non litigasi. (5/5)

Layanan bantuan hukum litigasi adalah seluruh proses pemberian bantuan hukum baik di dalam maupun di luar peradilan. Sedangkan non litigasi adalah semua aktivitas bantuan hukum di luar proses peradilan.

Diantaranya konsultasi hukum, penyuluhan hukum, penelitian hukum, perancangan dokumen hukum, pembuatan pendapat hukum, mediasi, pengorganisasian dan pemberdayaan masyarakat.

“Setiap orang berhak mendapatkan peradilan yang adil dan tidak memihak. Hak ini merupakan hak dasar manusia, berlaku di manapun, kapanpun dan pada siapapun tanpa ada diskriminasi,” ujar Wali Kota.

Dijelaskannya, Raperda bantuan hukum ini sebagai bentuk komitmen pemerintah Kota Tangerang untuk melindungi dan memperoleh hak-hak warganya di mata hukum yang ditunjukkan dalam raperda

Wali Kota berharap melalui Raperda ini, ke depannya Pemerintah Kota mampu memberikan jawaban penyelesaian atas permasalahan hak-hak warga terhadap keadilan dan mampu menjembatani kepentingan asasi warga untuk mendapatkan akses terhadap keadilan khususnya bagi warga yang tidak mampu secara ekonomi.

Selain Raperda bantuan hukum, Pemkot Tangerang juga menyampaikan dua buah Raperda terkait perlindungan anak dan penataan, pemberdayaan pedagang kaki lima.

Sebagai kota yang tengah berbenah menuju kriteria layak huni, investasi, layak kunjung yang berbasis elektronik tentunya upaya modernisasi terus harus turut didukung dengan komitmen yang kuat dari Pemkot dan masyarakat, katanya.

Salah satu upaya dari Pemkot mencapai tujuan itu diantaranya melalui ketiga Raperda tersebut guna mengatur, mempermudah serta memberikan kekuatan hukum di dalam pelaksanaannya.

“Pemkot ingin semakin berada di tengah-tengah masyarakat dengan senantiasa memberikan�pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sumber : Antara . Foto : Istimewa

About Tsaqif

Tsaqif
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

rikwanto2

Penyebar Berita Hoax Bisa Dipenjara Enam Tahun

Jakarta, Aktivisi – Pihak kepolisian republik Indonesia akan menindak tegas bagi orang yang menyebarkan informasi …

Tinggalkan Balasan