Home > Hukum > Pedoman Dewan Pers dan KUHAP Juga Bolehkan Wartawan Lampung Abaikan Panggilan Polisi

Pedoman Dewan Pers dan KUHAP Juga Bolehkan Wartawan Lampung Abaikan Panggilan Polisi

AKTIVISI – Selain Undang Undang Nomor 40 199 tentang Pers, Hak Tolak wartawan juga diatur dalam Pedoman Dewan Pers Nomor 01/P-DP/V/2007 tentang Penerapan Hak Tolak dan Pertanggungjawaban Hukum dalam Perkara Jurnalistik.

Dalam pedoman yang diterbitkan pada 4 Mei 2007 tersebut, Dewan Pers mengingatkan aparat penegak hukum bahwa tugas utama wartawan adalah mencari, mengolah, dan menyebarluaskan informasi.

“Latar belakang keluarnya pedoman ini karena ada beberapa kejadian pemanggilan wartawan untuk diperiksa oleh lembaga penyidik atau menjadi saksi dalam perkara yang terkait dengan karya jurnalistik,” kata Wakil Direktur LBH Pers Lampung Hanafi Sampurna, Jumat, 27/11/2015.

Sumber : duajurai.com . Foto . Ist

About Tsaqif

Tsaqif
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

rikwanto2

Penyebar Berita Hoax Bisa Dipenjara Enam Tahun

Jakarta, Aktivisi – Pihak kepolisian republik Indonesia akan menindak tegas bagi orang yang menyebarkan informasi …

Tinggalkan Balasan