Home > Berita > Menciptakan Media Sosial Bermartabat
Illustrasi
Illustrasi

Menciptakan Media Sosial Bermartabat

Bandar Lampung, Aktivisi – Musyawarah Kerja Wilayah  (Mukerwil)  yang digelar oleh PWNU Lampung pada Minggu, 7 November 2016 lalu, menghasilkan sejumlah rekomendasi. Diantaranya tentang media sosial  bermartabat.

Dasar pemikirannya adalah, saat ini, banyak sekali manfaat media sosial, namun media sosial juga memanfaatkan kita. Indonesia dengan 139 juta pengguna internet (proyeksi APJII 2016) adalah tempat bisnis menggiurkan bagi mesin pencari seperti google, yahoo, dll serta media sosial seperti facebook, Instagram, twitter, youtube, dll.  Namun di sisi lain bisa menimbulkan banyak permasalahan dan kemungkinan fitnah serta keretakan berbangsa dan bernegara.

Rekomendasi:

Pertama, pemerintah harus sungguh sungguh mengimplementasikan undang undang ITE agar pemanfaatan dan penggunaan media sosial tidak digunakan untuk hal hal negatif seperti penyebaran fitnah, ujaran yang tidak menyenangkan, provokatif dan pemberitaan tanpa konfirmasi.

Kedua,  Kementrian Komunikasi dan Informatika harus memblokir situs media sosial yang menyebarkan isu SARA dan isu yang menyebakan perpecahan dimasyarakat.

Ketiga, perlu ada upaya penyadaran bersama bahwa penggunaan dan pemanfaatan media sosial yang tidak bermartabat beresiko memecah belah persatuan dan kesatuan umat dan bangsa bahkan lebih dari itu mengancam peradaban.

Sumber NU Lampung

Baca juga Penyebar Berita Bohong Sama Saja Menistakan Alquran

About Haura

Haura
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

IMG-20180421-WA0016

SMK Persada Nusantara Gelar Peringatan Hari Kartini

Aktivisi – Pisang Baru, Dalam rangka peringatan hari kartini tahun 2018 SMK Kesehatan Persada Nusantara …

Tinggalkan Balasan