Home > Health > Lakukan Ini Ketika Keracunan Makanan

Lakukan Ini Ketika Keracunan Makanan

Aktivisi – Keracunan makanan bisa terjadi karena konsumsi makanan yang terkontaminasi, seperti daging dan susu. Mual, muntah, diare, dan kram perut merupakan gejala umum dari keracunan makanan.

Orang yang keracunan makanan cukup parah harus segera dibawa ke dokter. Namun, dalam beberapa kasus, keracunan makanan tak perlu pengobatan khusus. Berikut 4 hal yang bisa dilakukan ketika keracunan makanan.

1. Banyak minum
Keracunan makanan bisa menyebabkan dehidrasi. Ganti cairan yang keluar dari tubuh dengan banyak minum air putih atau. Hindari alkohol dan minuman berkafein karena justru dapat memperburuk keadaan.

2. Hindari makan pedas
Ketika keracunan makanan, hindari makan pedas, gorengan, serta makanan tinggi lemak dan gula. Konsumsilah makanan sehat, berbahan alami, dan yang mudah dicerna seperti bubur dan pisang.

3. Probiotik
Konsumsilah probiotik, seperti yogurt, agar cepat pulih dari keracunan makanan. Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk usus sehingga mempercepat proses pemulihan.

4. Istirahat
Keracunan makanan bisa membuat Anda sangat lelah dan lemas. Jangan dulu terlalu banyak aktivitas. Perbanyak lah istirahat agar kesehatan cepat pulih kembali.

Sumber : kompas.com

About Hamas

Hamas
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

Illustrasi

Cegah “Emotional Eating” Saat Emosi

Aktivisi – Tak sedikit orang yang terbiasa makan demi mencari ketenangan emosi, bukan karena lapar. …

Tinggalkan Balasan