Home > Opini > Kepala Kampung Pilihan untuk Newujudkan Kampung Idaman

Kepala Kampung Pilihan untuk Newujudkan Kampung Idaman

Pemilihan Kepala Kampung dan Demokrasi Ala Akar Rumput

Oleh : Agung Rahadi Hidayat (PAC ANSOR Way Tuba)

Pemilihan Kepala Kampung serentak di Kabupaten Way Kanan akan dilaksanakan pada 28 November 2016 mendatang. Pemilihan kepala kampung diselenggarakan oleh 118 kampung di 14 kecamatan.

Implementasi demokrasi ala akar rumput sebentar lagi juga akan diuji pelaksanaanya. Demokrasi adalah suatu pemerintahan dari rakyat untuk rakyat, maka pemilihan kepala kampung adalah sebagai wahana yang nyata melaksanakan demokrasi di kampung. Warga sebagai pemilik demokrasi harus berpartisipasi dalam menyelenggarakan demokrasi di kampungnya, sebab partisipasi warga merupakan salah satu sarat mewujudkan demokrasi. Partisipasi masyarakat dapat dilakukan dalam bentuk partisipasi politik dan atau partisipasi ikut serta dalam memilih.

Partisipasi politik dapat dilakukan dengan keikut sertaan warga dalam mengkritisi kebijakan atau visi misi calon kepala kampung. Sebab visi misi calon kepala kampung adalah gambaran kampung yang akan diwujudkan seperti apa masa depan, dengan demikian warga dapat berkontribusi mendesain kampung idaman. Akankah visi misi kepala kampung berkontribusi terhadap pencapian visi misi bupati saat ini?!

Partisipasi pemilihan adalah bentuk ikut serta memberikan surat suara. Biar bagaimana pun penetapan kepala kampung dipilih melalui suara terbanyak. Jadi surat suara adalah penting untuk menunjukan jumlah peroleh suara yang identik dengan banyaknya persetujuan si kepala kampung terpilih. Jangan sampai pemilih terbanyak adalah pemilih untuk tidak memilih alias GOLPUT menang. Peserta pemilih hendaknya menetapkan pilihanya dengan mempertimbangkan kebijakan atau visi misi calon kepala kampung. Ingat kita adalah warga yang akan mewujudkan kampung idaman. Saat ini warga dapat menyimak apa yang menjadi visi misi calon kepala kampung dan kita bisa menilainya. Warga juga dapat menilai apakah calon kepala kampung memberikan imbalan uang untuk memilihnya?. Pemilih yang transaksional sudah terbeli suaranya dan akan kah kedepan calon kepala kampung yang seperti ini akan konsisten mewujudkan kampung idaman?!. Warga harus sadar apakah masuk dalam kategori pemilih yang cerdas atau pemilih transaksional dan apa dampaknya kedepan.

Tantangan terberat bagi kepala kampung terpilih adalah mewujudkan kampung idaman yang tercermin dalam kebijakan, visi dan misinya. Guna mewujudkanya pastilah menggunakan senjata ampuh yakni Alokasi Dana Kampung dan Alokasi Dana Desa. Namun demikian, ADK dan ADD selain menjadi senjata ampuh juga menjadi senjata makan tuan bila penggunaan tidak tepat. Inilah tantangan terbesarnya, bagaimana pun kedua sumber pendanaan ini harus mampu mewujudkan kampung idaman oleh orang yang tepat.

Pemilihan kepala kampung hendaknya harus dilaksanakan dengan sukses. Tiap calon kepala kampung harus menjadi tauladan seluruh masyarakatnya, masyarakat dapat menjadi pemilih yang cerdas dan pemerintah juga harus mendukung demokrasi di akar rumput ini. Calon kepala kampung sudah memantapkan diri untuk siap menang dan siap kalah. Masyarakat sudah memantapkan pilihanya dengan sebaik-baiknya dan pemerintah sudah menyiapkan kebijakan dan dukunganya. Tunggu tanggal mainya, kita pesta demokrasi ala akar rumput dengan sekhidmat-khidmatnya. Semoga pemilihan kepala kampung dapat diselenggarakan degan lancar, aman, dan damai. Selamat Berdemokrasi !!!.

About Tsaqif

Tsaqif
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

imagecontent-php

Kisah Banser Riyanto Meninggal Demi Kemanusiaan

Oleh Sularno Menot  Saat itu malam Natal, tepatnya tanggal 24 Desember tahun 2000 silam. Bersama …

Tinggalkan Balasan