Home > Edukasi > Jepang Tawarkan Beasiswa Program Sarjana

Jepang Tawarkan Beasiswa Program Sarjana

Medan, Aktivisi – Pemerintah Jepang kembali menawarkan beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi di negara Sakura tersebut. (5/5).

Bagian informasi dan budaya Konsulat Jenderal Jepang, di Medan, Khadijah Umeda, Selasa, mengatakan beasiswa (Monbukagakusho) yang ditawarkan tersebut diantaranya melanjutkan studi jenjang S1 ke universitas, (D-3) pada College of Technology atau (D-2) bagi Professional Training College.

“Itu untuk tahun akademik 2016. Pelamar hanya bisa mendaftar satu program saja antara S-1, D-3, atau D-2,” katanya.

Untuk beasiswa tersebut, pendaftaraannya mulai 4-21 Mei 2015 bagi pelamar lulusan tahun SMA tahun 2014 dan tahun sebelumnya saja, 25-Mei-11Juni 2015 bagi pelamar lulusan tahun 2015.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi diantaranya harus warga negara Indonesia, lahir antara tanggal 2 April 1994 sampai dengan tanggal 1 April 1999, nilai minimal rata-rata Ujian Nasional 8,4 untuk program S-1, 8,0 untuk program D-3 dan 8,0 untuk program D-2.

Jika pada saat penutupan pendaftaran surat keterangan hasil ujian nasional asli belum bisa dikeluarkan, maka surat keterangan hasil ujian nasional sementara dari kepala sekolah bisa diterima.

Selain itu sebagai alternatif persyaratan pelamaran, bagi pelamar S-1 yang memilih bidang studi IPS bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N3.

Serta bagi pelamar D-2 bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N4, walaupun persyaratan nilai minimal rata-rata Ujian Nasionalnya kurang.

Peminat, lanjut dia, dapat mengisi formulir aplikasi di website resmi Kedutaan Besar Jepang http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html, registrasi secara online melalui link yang tertera pada website resmi Kedutaan Besar Jepang.

“Atau untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silakan menghubungi Konsulat Jenderal Jepang di Medan atau Kedutaan Besar Jepang,” katanya.*

Sumber : Antara . Foto : Istimewa

About Tsaqif

Tsaqif
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

Rega Andry Irawan (Kiri) relawan PMI Way Kanan bersama Uus M Husni (Kanan) Relawan PMI Kota Bandung. Foto.Aktivisi/Humas PMI Way Kanan

Solo Touring Bandung-Banda Aceh, Kang Uus M Husni Tiba Di Way Kanan

Way Kanan, Aktivisi – Uus M Husni (50) Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, …

Tinggalkan Balasan