Home > Berita > Jelang Konferwil IPNU Lampung, Sejumlah Kandidat Ketua Bermunculan
IMG_20180626_083935

Jelang Konferwil IPNU Lampung, Sejumlah Kandidat Ketua Bermunculan

Jelang Konferensi Wilayah (Konferwil) IPNU Lampung yang akan digelar pertengahan tahun 2018 ini sejumlah nama bermunculan dan dimunculkan untuk bertarung menjadi Nahkoda IPNU Lampung.

Seperti yang di posting oleh akun facebook Syarif Hidayat Ketua PC IPNU Lampung Timur, dalam postingannya dirinya memunculkan nama Taufik Hidayat ketua PC IPNU Tulang Bawang Barat dan Zainal Abidin demisioner ketua IPNU Way Kanan.

“Keduanya lama berdedikasi untuk IPNU Lampung, Bukan kader yang baru seminggu menahkodai PW IPNU Lampung, Manakah yang pantas menahkodai IPNU Provinsi Lampung. Memperjuangkan dan membawa militansi organisasi para santri dan pelajar Tulisnya

IMG-20180625-WA0033

Berkaitan dengan postingan tersebut, Zainal Abidin ketika di konfirmasi mengatakan bahwa dirinya berterimakasih dan mengapresiasi postingan rekan taufik hidayat, ketika ditanya mengenai kesiapan dan kesanggupannya untuk berjuang menjadi pucuk pimpinan tertinggi organisasi pelajar nahdlatul ulama tersebut dirinya menyatakan kesiapannya dalam berjuang.

“Sepanjang azas manfaatnya lebih besar untuk kemaslahatan kader dan jamaah untuk melestarikan dan membumikan nilai ahlussunah wal jamaah di bumi Lampung, sebagai seorang kader maka tidak ada kata lain selain siap”, ujarnya

Alumni STAI Al Maarif Way Kanan tersebut menambahkan bahwa IPNU adalah oraganisasi yang berada di bawah naungan NU (Badan Otonom NU) tugas IPNU adalah sebagai organisasi pengkaderan di tingkat pelajar, agar kelak menjadi kader NU yang benar-benar mengawal dan membumikan Islam Ahlussunnah wal Jamaah.

Wilayah garapan IPNU pun terbatas pada pengkaderan, pengembangan dan advokasi pelajar santri, tidak sampai terlibat pada politik praktis, kecuali isu-isu tertentu yang berkaitan dengan kebijakan pendidikan. Sehingga, secara umum IPNU adalah organisasi yang dibentuk untuk mempersiapkan dan mengkader pelajar atau santri menjadi kader yang memiliki wawasan yang luas dan komitmen tinggi terhadap doktrin Alussunnah wal jamaah.

Dalam konteks IPNU Lampung, Konferwil IPNU menjadi penting karena hal itu akan menentukan PW IPNU Lampung kedepan. Mengenai signifikasi konferwil, sebenarnya ada tiga tantangan besar yang mesti dipikirkan dan ditindaklanjuti oleh wilayah dan cabang-cabang IPNU di Lampung kedepan.

Pertama, pengkaderan. Jelas agenda ini yang paling penting dan mesti dipikirkan secara serius. Secara umum, pengkaderan IPNU di Lampung masih belum masif, terutama di kalangan pelajar yang berada di sekolah umum. Sehingga, kader muda Nahdliyyin banyak yang dimasuki faham dan aliran lain yang ekstrim dan tidak sesuai dengan islam ala Indonesia yang membahayakan bagi keberlangsungan NU dan Indonesia kedepan.

Kedua, Advokasi. Advokasi kepada pelajar semestinya lebih ditingkatkan, kerena hal itu akan menjadi landasan dan kebutuhan pelajar dalam berkiprah dan tertarik pada IPNU. Advokasi kepada pelajar bisa dilakukan dengan banyak hal termasuk membuat semacam Kelompok Bimbingan Belajar yang murah. Hal ini penting bagi pelajar karena biasanya mereka belum cukup dengan menu yang disuguhkan di sekolah yang waktunya terbatas, apalagi jika menjelang Ujian Nasional. Jika IPNU bisa menyelenggarakan program semacam ini, tentunya akan sangat mendukung sekali bagi proses pengkaderan dan peningkatan mutu pendidikan pelajar.

Ketiga, Media. Media sangat penting dan berpengaruh sekali untuk semua hal. Dalam konteks ke-IPNU-an, paling tidak membuat media yang islami dan berfaham Ahlussunnah wal Jamaah sebagai sarana transformasi ilmu dan komunikasi antara pelajar-pelajar. Pada wilayah ini, baik IPNU ataupun Banom NU lainya masih sangat kurang, sehingga banyak dimanfaatkan organisasi lain untuk merekrut kader. Media tersebut bisa disajikan berupa Buletin mingguan, Jurnal, Majalah ataupun website, Ungkapnya dengan penuh semangat.

About Tsaqif

Tsaqif
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

c44372c4-e882-4f27-9a2d-c21b5accddc0

H Aly Murtadhlo, Pesantren Benteng Pertahanan Moral Bangsa

Pesantren memiliki peran sentral dalam membangun moral bangsa. Kehadiran pesantren diharapkan bisa mencetak generasi pemimpin …

Tinggalkan Balasan