Home > Sosial > HUT Way Kanan, Dinkes dan PMI Menggelar Aksi Donor Darah
hut-way-kanan-dinkes-dan-pmi-menggelar-aksi-donor-darah

HUT Way Kanan, Dinkes dan PMI Menggelar Aksi Donor Darah

Way Kanan, Aktivisi – Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Way Kanan menggelar Bakti Sosial donor darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Way Kanan ke-17.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari pada 26 – 27 April 2016 di Gedung Dekranasda setempat, diikuti oleh 84 donatur dari berbagai kalangan baik PNS, Insan Pers, Organisasi masyarakat dan kepemudaan, TNI, POLRI, Pelajar serta masyarakat umum.

Selain menjadi ajang sosial, donor darah juga menjadi ajang belajar alternatif di luar sekolah seperti yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Blambangan Umpu dan SMK Negeri 1 Blambangan Umpu. Pelajar tersebut belajar bagaimana proses donor darah mulai dari persyaratan menjadi pendonor, pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, serta pengambilan darah.
“Ini pertama kali donor darah dan saya sangat senang jika saya dapat menolong orang,” ujar Anggota PMR SMAN 1 Blambangan Umpu Nur Wasilah, yang merupakan satu-satunya pendonor dari kalangan pelajar dan memiliki darah AB+ di Blambangan Umpu, Rabu (27/4).

Senada dengan Nur Wasilah, Syairul Sidiq pendonor dari Karang Taruna mengatakan, “Donor darah adalah bentuk kesetiakawanan dengan mendonasikan darah kepada orang yang membutuhkan, manfaat donor darah selain menyelamatkan jiwa juga bermanfaat bagi pendonor itu sendiri, darah dalam tubuh kita akan terus ber-regenerasi membentuk sel-sel darah baru sehingga meminimalisir terjangkit oleh penyakit,” ujarnya.

Pada aksi donor darah tersebut mendapatkan donasi darah sebanyak 84 kantong darah yang terdiri dari golongan darah A sejumlah 26 kantong, darah B sejumlah 25 kantong, darah AB sejumlah 7 kantong dan darah O sejumlah 26 kantong.

“Menurut informasi dari UTD PMI Lampung Utara, jika kebutuhan darah di Way Kanan dan Lampung Utara adalah 400 kantong perbulan dan yang terpenuhi adalah 200 kantong perbulan, maka dalam dua hari kita dapat memenuhi 48 kantong darah, artinya kurang lebih 0,21 % kita dapat berkontribusi, meskipun sedikit jumlahnya namun besar nilainya, semoga bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan,” ungkap Siti Aisah selaku Pengurus PMI Kabupaten Way Kanan dan juga sebagai PNS Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan.

 

About Haura

Haura
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

4 [Lebar Max 1024 Tinggi Max 768]

Satu Maret, Hari Bersejarah Bagi Petugas Pemadam Kebakaran!

Way Kanan, Aktivisi – Tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi petugas pemadam kebakaran yang …

Tinggalkan Balasan