Home > Berita > Gusdurian dan Ansor Way Kanan Ajak Santri Jadi Pahlawan Lingkungan
Aktivis Gusdurian Gatot Arifianto dan santri BPUN membersihkan sampah
Aktivis Gusdurian Gatot Arifianto dan santri BPUN membersihkan sampah

Gusdurian dan Ansor Way Kanan Ajak Santri Jadi Pahlawan Lingkungan

Way Kanan, Aktivisi – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2016, Gusdurian Lampung dan PAC GP Ansor Pakuan Ratu serta Negara Batin Kabupaten Way Kanan menyelenggarakan bakti sosial pengobatan alternatif dan pengolahan sampah plastik.

Ketua PAC Ansor Pakuan Ratu Bakti Ghozali, di Blambangan Umpu, Rabu (9/11) menjelaskan, pelaksanaan kegiatan akan berlangsung di Pesantren Al-Falakhuss’dah asuhan Kiai Zainal Ma’arif di Kampung Tanjung Kecamatan Pakuan Ratu.

“Lingkungan hidup adalah masa depan bersama. Banyak yang masih tidak peduli dengan hal tersebut. Itu yang menjadi dasar kami memperingati Hari Pahlawan dengan harakah (gerakan) tersebut,” ujar Bakti didampingi, Ketua PAC Ansor Negara Batin Hozin Munir.

Tema kegiatan tersebut ialah “Berdamai Dengan Lingkungan Hidup. Berdamai Dengan Masa Depan yang Hidup”. Para santri akan diajak untuk mengolah sampah plastik menjadi bantal, boneka dan ecobricks. Tujuannya, melaksanakan QS Ar-Rum [30]: 41.

Mengurangi pencemaran tanah hingga polusi udara dihasilkan dari pembakaran plastik yang memacu timbulnya efek rumah kaca dan juga merusak lapisan bumi (ozon) serta dapat memicu sel kanker.

“Serta menuju masyarakat sehat tanpa polusi udara dari pembakaran sampah plastik yang dapat melepaskan zat berbahaya di udara seperti karbon monoksida, dioksin dan furan, volatil maupun partikel berbahaya lainnya yang berefek buruk bagi kesehatan,” papar Bakti.

Adapun bakti sosial digelar ialah berupa penyembuhan alternatif non medis untuk lemah syahwat, migrain, darah tinggi, asma, jantung dan lain-lain.

“Medianya dengan tangan dan air. Masyarakat yang mengikuti penyembuhan tersebut berinfaq sukarela. Hasilnya akan didonasikan untuk sedekah oksigen,” kata dia lagi.

Selain itu, juga penyembuhan bekam untuk masyarakat setempat akan dilakukan sehubungan adanya program Halal atau Hijamah Sambil Beramal untuk kemandirian organisasi Ansor.

“Ansor dan Gusdurian berharap bisa terlibat aktif mengajak masyarakat mengurangi penistaan agama dan Al Quran melalui perilaku yang selama ini acap luput, dibiarkan dari pengamatan, yakni membuang atau membakar sampah plastik sembarangan,” kata Bakti lagi.

Selain itu, juga mengajak santri dan masyarakat menjadi pahlawan melalui bidang lingkungan hidup, salah satu mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam sedekah oksigen yang bertumbuh alias sedekah pohon.

About Hamas

Hamas
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

Rakoor KKS Way Kanan

Way Kanan Persiapan Menuju Kabupaten Sehat

Way Kanan – Melangkah mempersiapkan diri untuk mengikuti penilaian dan mewujudkan Kabupaten Kota Sehat di …

Tinggalkan Balasan