Home > Berita > Dinas Perikanan Way Kanan Adakan 100 Juta Bibit Ikan Tawar
small_45BeautyPlus_20170227190620_save

Dinas Perikanan Way Kanan Adakan 100 Juta Bibit Ikan Tawar

Way Kanan, Aktivisi – Dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan ikan dan target swasembada, Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan pada tahun 2017 mampu mengadakan 100 juta bibit ikan tawar.

Kepala Dinas Perikanan Way Kanan, Kadarsyah di Blambangan Umpu, Selasa (28/2) mengatakan Way Kanan merupakan daerah yang memiliki potensi besar dalamm pengembangan perikanan. Untuk itu bibit ikan yang akan dikembangkan yakni ikan nila, emas, patin, baung, dan ikan lele.

Kadarsyah menjelaskan, pada pekan lalu pihaknya telah melakukan silaturahmi dengan para masyarakat Unit Pembibitan Rakyat (UPR) petani ikan se-Kabupaten Way Kanan. Dalam acara silaturahmi yang berlangsung di UPT Balai Benih Ikan (BBI) Kecamatan Banjit tersebut, bersama 31 UPR mentargetkan pada setiap tahunnya mampu memproduksi bibit ikan sebanyak 30 juta.

“Para UPR tersebut akan mendapatkan bimbingan dari 5 orang penyuluh yang memiliki kompetensi dibidang perikanan, pemasaran, sehingga masyarakat petani ikan akan mampu mengembangkan ikan dan tidak kesulitan dalam memasarkan hasil pembibitannya,” kata dia.

Guna pencepatan perwujudan, pihaknya mentargetkan 200 juta bibit ikan, maka UPR akan dibagi menjadi beberapa daerah serta bibit ikan. Sepeti untuk wilayah Kecamatan Banjit, meliputi Kecamatan Rebang Tangkas dan Kasui, untuk Kecamatan Pakuan Ratu meliputi Kecamatan Negeri Besar, Negara Batin, dan untuk Kecamatan Way Tuba meliputi Bumi Agung, Bahuga, dan Buay Bahuga.

“Dalam waktu 5 tahun kedepan kita berharap para UPR dan para kelompok tani perikanan telah memiliki sertifikasi, sehingga bibit ikan dari Way Kanan mampu bersaing diluar kabupaten,” jelasnya.

Kendala yang terjadi pada para kelompok petani perikanan maupun UPR, Kadarsyah juga menjelaskan seperti permasalahan permodalan dan pemasaran.

“Kami akan terus berkomunikasi secara intensip melalui penyuluhan kepada para kelompok tani peikanan dan para UPR guna mengetahui perkembangan serta mencarikan solusi bersama terhadap permasalahan-permasalahan yang ada sehingga target swasembada ikan di Kabupaten Way Kanan dapat terwujud,” paparnya.

About Haura

Haura
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

IMG-20180421-WA0016

SMK Persada Nusantara Gelar Peringatan Hari Kartini

Aktivisi – Pisang Baru, Dalam rangka peringatan hari kartini tahun 2018 SMK Kesehatan Persada Nusantara …

Tinggalkan Balasan