Home > Sports > Begini Cara Warga Jogja dan Papua Menjaga Persatuan
Peserta turnamen olahraga kerjasama Komunitas Papua dan Poros Istimewa Taranesia mendengarkan pengarahan panitia. Foto Poros Istimewa.
Peserta turnamen olahraga kerjasama Komunitas Papua dan Poros Istimewa Taranesia mendengarkan pengarahan panitia. Foto Poros Istimewa.

Begini Cara Warga Jogja dan Papua Menjaga Persatuan

Yogyakarta, AKTIVISI – Komunitas Poros Istimewa Taranesia bekerjasama dengan warga Papua Pegunungan yang tergabung dalam komunitas warga La-pago menyelenggarakan lomba sepak bola gawang kecil dan lomba bola voley putra putri untuk masyarakat di Yogyakarta.

Ketua Poros Istimewa Taranesia, Pedro Indharto, di Yogyakarta, Minggu (26/2)  menyatakan, lomba ini bertujuan untuk memupuk persatuan warga Papua dan merekatkan relasi sosial warga Papua dengan masyarakat DIY, tentu saja sekaligus sebagai bagian proses mengikis sterotype yang melekat pada komunitas Papua

“Persaudaraan Jogja dan Papua haruslah abadi, kita harus menjadi kuat dan besar bersama,” ujar senior Komunitas Papua, Roy Karoba.

Tokoh Papua, Angky yang pada saat ini menjabat menjadi pengurus Bank BPD Papua mengajak kepada seluruh warga Papua yang tinggal di DIY untuk menjaga kerukunan, persatuan dan saling menguatkan.

“Juga dengan keluarga masyarakat DIY, kita harus saling bahu membahu,” kata Angky.

Ia juga mengajak kepada kelompok peserta turnamen harus sportif, tidak boleh ada yang berkelahi dan saling menghormati.

Kegiatan turnamen lomba Volley putri diikuti oleh 12 kelompok sedangkan untuk volley putra diikuti 18 kelompok, tidak kalah ramai dari lomba volley, lomba sepak bola gawang kecil diikuti oleh 24 kelompok.

Adapun keberadaan kelompok baik lomba volley ataupun sepak bola berasal dari berbagai daerah yang antara lain dari Ternate, Flores, Manokwari, Tolikara, Lanijaya, Puncak jaya, Mambramo tengah, Enduga, Yahukimo, Puncak Papua, Jaya wijaya, Biak, Sorong, Intan jaya dan Solo.

Turnamen yang dimulai dari 26 Februari 2017 ini akan berakhir pada tanggal 15 Maret 2017.

Ada salah satu keunikan dari kelompok volley dimana para pemainnya belum tentu berasal dari daerahnya, sebut saja pemain volley putri dari Lani Jaya yang melibatkan warga Jogjakarta sebagai salah satu andalan pemainnya, dan keadaan ini juga banyak terjadi di kelompok volley yang lainnya.

Tentu saja pembauran warga sebagai bagian dari sebuah team merupakan dinamika yang mustinya hidup juga dalam kehidupan sosial sehari-hari.

Upacara pembukaan kegiatan lomba dimeriahkan oleh pentas Liong Barongsai  dan tarian perang Papua, masyarakat DIY yang tinggal didaerah Babarsari turut serta hadir meramaikan suasana.

Bagi warga Jogja menyaksikan penampilan tarian perang Papua yang berkolaborasi dengan gerak liong merupakan sebuah tontonan yang indah dan baru sekali ini ada.

Bagi warga Papua ketika kegiatannya diisi oleh kesenian Tiong Hoa yang dimainkan oleh warga Jogja merupakan sebuah kebanggaan dan pembelajaran budaya yang dikemas secara unik dan indah.

“Ternyata kesenian Papua jika di kolaborasikan dengan kesenian lainnya memang indah, dan membuat hati bergetar”, terang salah satu mahasiswa dari Kabupaten Biak, Maria.

 

 

About Tsaqif

Tsaqif
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

7-sekretaris-daerah-menyerahkan-hadiah-kepada-peserta-pemenang-undian-pada-upacara-haornas

Haornas Way Kanan

Sekretaris Daerah (Sekda) Bustam Hadori menyerahkan hadiah kepada peserta pemenang undian pada upacara Hari Olahraga Nasional …

Tinggalkan Balasan