Home > Berita > Bappeda OKU Timur Fasilitasi Pembentukan FKH Martapura

Bappeda OKU Timur Fasilitasi Pembentukan FKH Martapura

Jpeg

Martapura, Aktivisi –  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur memfasilitasi pembentukan Forum Komunitas Hijau atau FKH di Kota Martapura.

Kabid Perencanaan Strategis Bappeda Kabupaten OKU Timur Melwi di Martapura, Jum’at (5/8/16) mengatakan pembentukan FKH menindaklanjuti Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) oleh Pemerintah Pusat.

“Sejak tahun 2012 mengajukan proposal kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Program Kota Hijau untuk keberlanjutan lingkungan yang lestari, hijau dan jauh dari polusi, dan pada tahun 2016 ini Kabupaten OKU Timur masuk daftar penerima Program Pengembangan Kota Hijau,” ujar Melwi.

Melwi mengatakan tujuan dibentuk FKH adalah untuk meningkatkan kesadaran warga terhadap lokasi-lokasi hijau dan memiliki kontribusi positif bagi kualitas ruang kota.

“Komunitas-komintas yang ada difasilitasi membentuk FKH, ada tiga tahapan dalam membentuk FKH yakni melakukan pendataan terhadap komunitas-komunitas, membentuk kepengurusan FKH dan menyusun rencana kegiatan FKH, makin banyak komunitas yang dilibatkan makin banyak masukan dalam pelaksanaan Program Pengembangan Kota Hijau,” kata Melwi.

Hal senada juga diungkapkan pemerhati sosial dan lingkungan hidup Buana Kalpataru Agung Rahadi Hidayat yang hadir pada rapat bahwa pembentukan FKH memberi ruang kepada masyarakat untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang sehat, asri, hijau dan lestari.

“Makin banyak komunitas-komunitas yang dilibatkan makin banyak ide, gagasan, kontribusi masyarakat. Artinya semakin banyak komunitas yang terlibat makin banyak pula dukungan dalam mewujudkan kota hijau,” ujar Agung yang juga anggota PMI.

Kegiatan pembentukan FKH difasilitasi oleh Bappeda Kabupaten OKU Timur dan PPLH UNSRI, turut hadir komunitas-komunitas yakni kelompok Bank Sampah Anggrek Biru, Bank Sampah Adipura, Bank Sampah Sebanusa, Bank Sampah Alam Hijau, Vespa Veot, Ontel, Freescoot, MPA BMX, Sekolah Adiwiyata, Martapura Kicau Mania Community, dan Buana kalpataru.

Setelah Koordinator FKH terbentuk, dalam perencanaan aksinya FKH akan melaksanakan kegiatan yang melibatkan seluruh organisasi yang ada di OKU Timur.

“Kita akan ajak semua orang maupun organisasi untuk peduli terhadap ruang terbuka hijau dengan melakukan kegiatan penyadaran pentingnya ruang hijau, gerakan bersih lingkungan, penaman pohon, merawat ruang terbuka hijau, pentas seni, atau festival lainya,” kata Bang Jeck pentolan Veot yang juga terpilih sebagai Kooordinator FKH Kabupaten OKU Timur.

“Kita juga berharap ada bantuan dari pemerintah guna mendukung kegiatan FKH dalam mewujudkan Kota Martapura sebagai kota hijau” katanya.

About Disisi Saidi Fatah

Alumni SMAN 1 Blambangan Umpu. Ketua Alumni Bimbingan Belajar Pasca Ujian Nasional (BPUN) PC GP Ansor Way Kanan 2015. Hobi Membaca, Menulis, dan Mendengarkan Music. Pria kelahiran 27 September yang memiliki motto "Kejujuran adalah hal yang harus diutamakan dalam mengenban amanah".

Mungkin Anda Suka

IMG-20180421-WA0016

SMK Persada Nusantara Gelar Peringatan Hari Kartini

Aktivisi – Pisang Baru, Dalam rangka peringatan hari kartini tahun 2018 SMK Kesehatan Persada Nusantara …

Tinggalkan Balasan