Home > Berita > Aktivis, GP Ansor Kabupaten Waykanan Menjawab Tantangan Zaman
Waykanan, Lampung. Aktivis kemanusiaan di Provinsi Lampung dan penulis sejumlah buku seperti "Terasing di Negeri Sendiri" Oki Hajiansyah Wahab menilai GP Ansor Kabupaten Waykanan menjawab tantangan zaman.

Aktivis, GP Ansor Kabupaten Waykanan Menjawab Tantangan Zaman

Waykanan, Lampung. Aktivis kemanusiaan di Provinsi Lampung dan penulis sejumlah buku seperti “Terasing di Negeri Sendiri” Oki Hajiansyah Wahab menilai GP Ansor Kabupaten Waykanan menjawab tantangan zaman. “GP Ansor Waykanan berhasil memberi warna yang berbeda. Misalnya mentradisikan menulis lewat berbagai lomba, membudayakan sastra dengan teknologi informasi, seperti lomba baca puisi online, menulis resensi novel dan aktif dalam berbagai persoalan masyarakat,” ujar kandidat doktor Hukum Universitas Diponegoro, Jawa Tengah kelahiran Bandung, Jawa Barat 8 Oktober 1981 itu terkait Harlah GP Ansor ke 81. Bekerjasama dengan Penerbit Exchange Jakarta, Pimpinan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Waykanan menggelar “Sayembara Penulisan Resensi 3 Novel” dengan total hadiah Rp3 juta.

Batas waktu pengiriman resensi novel 25 Mei 2015. Informasi lengkap http://bit.ly/1I0qU1s. Adapun dengan International Organization for Migration (IOM) Indonesia dan Justice Peace Integrity of Creation (JPIC) FSGM, GP Ansor Waykanan menggelar lomba baca puisi online (diunggah melalui youtube) #AnsorProMigrasiAman sebagai upaya nyata berpartisipasi aktif mengampanyekan migrasi aman dan mencegah terjadinya perdagangan orang pada Maret 2015. “Edukasi anti traficking secara nyata juga dilakukan GP Ansor Waykanan. Selain itu, pemeliharaan lingkungan hidup melalui pemanfaatan limbah botol juga dilakukan GP Ansor Waykanan,” papar Oki yang pada 2011-2012 menjadi Tim Asistensi Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Mesuji itu pula. GP Ansor Waykanan secara konkret mengajak kader berpartisipasi menjaga kualitas lingkungan hidup mendatang dengan memanfaatkan sampah anorganik seperti botol minuman berenergi hingga sirup yang tidak laku dijual untuk dikumpulkan.

PC GP Ansor Waykanan memberikan dana kemandirian bagi kader yang mampu mengumpulkan 3.000 botol minuman berenergi atau sirup. “Hal tersebut menandakan bawah GP Ansor Waykanan berusaha menjawab tantangan zamannya,meninggikan peran sejarah untuk kemajuan peradaban,” ujar Peneliti di Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hak Asasi Manusia (PKKPHAM) Universitas Lampung itu saat dihubungi dari Blambangan Umpu, Jumat (24/4). Untuk diketahui, Gerakan Pemuda Ansor pada mulanya bernama Anshoru Nahdlatul Oelama (ANO). Organisasi ini diterima dan disahkan sebagai bagian (departemen) pemuda NU pada Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-9 di Banyuwangi, 10 Muharram 1353 H atau 24 April 1934. Pada masa pendudukan Jepang organisasi-organisasi pemuda diberangus oleh pemerintah kolonial Jepang termasuk ANO. Setelah revolusi fisik (1945 – 1949) usai, tokoh ANO Surabaya, Moh. Chusaini Tiway, melempar mengemukakan ide untuk mengaktifkan kembali ANO.

Ide ini mendapat sambutan positif dari KH. Wachid Hasyim – Menteri Agama RIS kala itu, maka pada tanggal 14 Desember 1949 lahir kesepakatan membangun kembali ANO dengan nama baru Gerakan Pemuda Ansor, disingkat Pemuda Ansor. Hingga saat ini, GP Ansor yang mengelola keanggotaan khusus Banser (Barisan Ansor Serbaguna) yang memiliki kualitas dan kekuatan tersendiri di tengah masyarakat telah berkembang sedemikan rupa menjadi organisasi kemasyarakatan pemuda di Indonesia yang memiliki watak kepemudaan, kerakyatan, keislaman dan kebangsaan. Pada masa khidmat 2011-2016, PP GP Ansor dipimpin Nusron Wahid, anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Golkar dan saat ini dipercaya menjadi Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Nusron didampingi Dr Muhammad Aqil Ilham, dosen Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Intan Lampung sebagai Sekretaris Jenderal PP GP Ansor.

About Eruadanya

Eruadanya
Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik.

Mungkin Anda Suka

IMG-20180421-WA0016

SMK Persada Nusantara Gelar Peringatan Hari Kartini

Aktivisi – Pisang Baru, Dalam rangka peringatan hari kartini tahun 2018 SMK Kesehatan Persada Nusantara …

Tinggalkan Balasan