Home > Berita > Adipati : Pangan Adalah Kebutuhan Dasar Manusia
10

Adipati : Pangan Adalah Kebutuhan Dasar Manusia

Way Kanan, Aktivisi – Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin dalam UUD 1945, sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan bahwa negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan komsumsi pangan yang cukup, amanbermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun tingkat daerah hingga perseorangan secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan dan budaya lokal.

Mengenai hal tersebut Dewan Ketahan Pangan (DKP) Kabupaten Way Kanan Lampung menggelar Rapat Koordinasi yang diselenggarakan di Aula PKK setempat, Senin (21/11).

Bupati Way Kanan H.Raden Adipati Surya selaku Ketua DKP mengatakan, ketahanan pangan dan gizi difokuskan pada kedaulatan pangan. Kedaulatan pangan diyakini dapat mewujudkan dengan melaksanakan program swasembada pangan berkelanjutna, peningkatan nilai tambah produk pangan dan ekspor pangan, pengendalian impor, deverisifikasi pangan, penguatan kelembagaan petani, dan sumber daya manusia.

Melalui Perpres Nomor 83 Tahun 2006 sebagai penyempurnaan dari Keppres Nomor 132 Tahun 2001 dibentuklah Dewan Ketahanan Pangan (DKP) yang terdiri dari tiga tingkatan yakni pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Melalui rapat koordinasi DKP tersebut, Adipati berharap agar fungsi DKP Way Kanan dapat diwujudkan. Diantaranya, koordinasi perumusan kebijakan di bidang pangan, antara lain mencakup peningkatan produksi pangan berkelanjutan, peningkatan nilai tambah bagi pelaku usaha pangan,penguatan distribusi,logistik dan cadangan pangan wilayah,penganekaragaman pangan, pencegahan serta penanggulangan masalah pangan dan gizi.

Koordinasi dan sinergisitas lintas sektor dengan seluruh stakeholder dan masyarakat dalam merumuskan langkah operasional program pembangunan daerah, serta mengembangkan jaringan dan sistem koordinasi antar instansi pemerintah, swasta, serta lembaga masyarakat untuk meningkatkan efektifitas program pembangunan pangan wilayah.

About Hamas

Hamas
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

FB_IMG_1566124384839

GERAK BANSER HUSADA DI UJUNG BARAT JAWA BARAT

Hari ini, 18 Agustus 2019 masih dalam rangka memeriahkan hari kemerderkaan Republik Indonesia Unit Khusus …

Tinggalkan Balasan