Home > Berita > Adipati : Jabatan Itu Bukan Hak, Tetapi Amanah Yang Harus di Pertanggungjawabkan
unnamed

Adipati : Jabatan Itu Bukan Hak, Tetapi Amanah Yang Harus di Pertanggungjawabkan

Way Kanan, Aktivisi – Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya lantik 154 pejabat yang terdiri dari 30 pejabat Struktural Eselon II B, 50 pejabat struktural eselon III.A, 67 pejabat struktural eselon III.B dan 7 pengawas sekolah di lingkup pemerintah Kabupaten Way Kanan, di Gedung Serba Guna (GSG) setempat, Kamis (15/9).

Berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 atas perubahan Undang-undang Nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah, Pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Pada pasal 162 ayat (3) Gubernur, Bupati, Walikota dilarang mengadakan Pergantian Pejabat di Lingkungan Daerah Provinsi, Kabupaten/kota, dalam jangka waktu 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal pelantikan.

Raden Adipati dalam sambutannya mengatakan, sejak dirinya dan Edward Antony dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan periode 2016-2021 pada 17 Februari 2016 lalu, kita (Pemkab Way Kanan) baru bisa mengadakan pelantikan hari ini setelah melalui beberapa pertimbangan, yang semestinya diperbolehkan semenjak 17 Agustus 2016 yang lalu.

Mutasi atau alih tugas jabatan bagi pegawai Negeri, menurut Adipati merupakan peristiwa yang biasa dan wajar serta memang harus terjadi sesuai dengan kepentingan organisasi birokrasi.
“Tidak ada kaitannya sama sekali antara pejabat yang dilantik pada hari ini dengan soal dukung mendukung pada pemilukada beberapa bulan yang lalu,” kata dia.

Untuk diketahui pejabat Struktural Eselon II dipilih berdasarkan hasil lelang terbuka jabatan pimpinan pertama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, sedangkan Eselon III dan pengawas sekolah dipilih melalui Tim Baperjakat.

Pelantikan tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan suasana baru bagi pejabat yang bersangkutan dalam upaya meningkatkan prestasi kerja, dan memenuhi tuntutan bagi kelancaran dan suksesnya pelaksanaan tugas serta tanggung jawab yang dibebankan pada instansi dimana pejabat bersangkutan bertugas. “Yang perlu kita ketahui bahwa jabatan itu merupakan kepercayaan pimpinan. Jabatan itu bukan hak, tetapi amanah yang harus di pertanggung jawabkan baik di dunia dan di akhirat kelak, jika kita berhasil mengemban amanat ini, insya Allah menjadi amal ibadah bagi kita,” paparnya.

Kepada pejabat yang dilantik, Adipati minta agar secepatnya menjabarkan tugas pokok dan fungsi jabatannya masing-masing, pahami tata kerja dan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan lembaga yang dipimpin. “Yang sangat penting adalah pahami apa yang menjadi batasan wewenang dan peran masing-masing, sehingga terhindar dari kesalahan prosedur yang dapat merugikan nama baik pribadi ataupun juga Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan,” demikian Raden Adipati Surya.

About Disisi Saidi Fatah

Alumni SMAN 1 Blambangan Umpu. Ketua Alumni Bimbingan Belajar Pasca Ujian Nasional (BPUN) PC GP Ansor Way Kanan 2015. Hobi Membaca, Menulis, dan Mendengarkan Music. Pria kelahiran 27 September yang memiliki motto "Kejujuran adalah hal yang harus diutamakan dalam mengenban amanah".

Mungkin Anda Suka

c44372c4-e882-4f27-9a2d-c21b5accddc0

H Aly Murtadhlo, Pesantren Benteng Pertahanan Moral Bangsa

Pesantren memiliki peran sentral dalam membangun moral bangsa. Kehadiran pesantren diharapkan bisa mencetak generasi pemimpin …

Tinggalkan Balasan