Home > Berita > Adipati: Dampak Buruk Penambangan Ilegal Rugikan Masyarakat

Adipati: Dampak Buruk Penambangan Ilegal Rugikan Masyarakat

     Way Kanan, AKTIVISI – Bupati Way Kanan Provinsi Lampung Raden Adipati Surya, di Blambangan Umpu, Rabu (24/2) menegaskan, persoalan penambangan emas secara ilegal di daerah ini sudah lama terjadi, tetapi bukan tidak pernah dilakukan tindakan. Bahkan para penambang berasal dari luar daerah Lampung mulai kembali berdatangan.
“Pemerintah Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung berkomitmen memberantas aktivitas  penambangan emas secara ilegal di daerah ini,” tegas Adipati.
Kegiatan penambangan emas secara ilegal  di Way Kanan berlangsung sejak pertengahan tahun 2013. Kegiatan tambang emas illegal itu mulai bermunculan di sekitar aliran sungai Way Umpu mulai dari Kampung Gistang Kecamatan Blambangan Umpu sampai ke bagian hilir.
Pada perkembangannya, penambangan emas yang  diduga dilakukan sebagian masyarakat luar Way Kanan, mau pun masyarakat setempat,  tidak lagi hanya dilakukan di aliran Way Umpu.
Hingga saat ini,  kegiatan penambangan emas juga dilakukan di daratan. Akibatnya  munculah  dampak negatif atas aktivitas ilegal tersebut, terutama terhadap kualitas air sungai Way Umpu  yang menurun dan tercemar zat berbahaya, termasuk kerusakan ekosistem di dalamnya serta lingkungan alam di daratan.
“Dampak penambangan liar yang telah terjadi sangatlah buruk dan merugikan masyarakat. Saya perintahkan agar Dinas Pertambangan kembali menyisir setiap lokasi untuk mengetahui di mana saja keberadaan penambangan tersebut. Sudah pasti kali ini kita akan tuntaskan,” pungkasnya.

 

About Hamas

Hamas
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

IMG-20180421-WA0016

SMK Persada Nusantara Gelar Peringatan Hari Kartini

Aktivisi – Pisang Baru, Dalam rangka peringatan hari kartini tahun 2018 SMK Kesehatan Persada Nusantara …

Tinggalkan Balasan