Home > Berita > Adipati Buka Pelatihan Penglaku Adat Way Kanan
img-20161205-wa0029

Adipati Buka Pelatihan Penglaku Adat Way Kanan

Way Kanan, Aktivisi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Way Kanan menggelar Focus Group Discussion (FGD), Canggot, serta Pelatihan Penglaku Adat yang bekerjasama dengan tim Universitas Lampung (UNILA) di Sesat Purantu Gawi Tiyuh Negara Batin, Senin (5/12).

Hadir pada acara itu, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, Ketua MPAL Kecamatan, Ketua Magister Bahasa Lampung FKIP Unila, dr. Farida Ariyani, TP PKK, Kepala Kampung, Tokoh Adat, dan Tokoh Pemuda, serta menghadirkan Narasumber dari Unila Iqbal Hilal.

Dalam sambutannya, Bupati Way Kanan mengatakan, NKRI merupakan negara yang memiliki berbagai macam kebudayaan, budaya tersebut merupakan peninggalan nenek moyang yang semestinya akan akan diturunkan kepada kita sebagai generasi penerus agar budaya tersebut tidak punah.

Akan tetapi, dalam kenyataannya banyak sekali generasi muda yang kurang peduli dengan budaya tersebut. Untuk Itu, perlu diadakan sosialisasi tentang betapa pentingnya melestarikan nilai-nilai budaya di dalam suatu masyarakat agar budaya yang dimiliki tidak punah.

Dalam kondisi yang lebih spesifik, ujar Adipati menambahkan, Kabupaten Way Kanan merupakan suatu entitas daerah yang didiami berbagai macam suku. Keberagaman suku tersebut menjadikan Kabupaten Way Kanan Kaya dengan nilai budaya lokal yang sangat luhur, dan tak ternilai harganya. Sayangnya Kearifan nilai budaya lokal tersebut mulai tergeser oleh transformasi dan peradaban sosial, sehingga lambat laun akan mengalami kepunahan, jika tidak sejak dini dilakukan “revitalisasi” terhadap nilai nilai tradisi yang ada.

“Kecenderungan terjadinya pergeseran nilai-nilai budaya menuntut semua pihak untuk terlibat dalam pelestarian nilai-nilai budaya bangsa, termasuk nilai-nilai budaya lokal daerah sebagai kristalisasi embrio nilai-nilai budaya nasional,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia memberikan Apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan yang telah bekerja sama dengan tim dari Unila dalam upaya melestarikan nilai-nilai budaya daerah Kabupaten Way Kanan, khususnya kegiatan revitalisasi Kampung Budaya menjadikan Kampung Negara Batin sebagai Kampung Budaya.

Adipati berharap kegiatan revitalisasi menjadikan kampung Negara Batin sebagai kampung budaya dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi Kabupaten Way Kanan yang kaya dengan kearifan dan tata nilai yang khas.

About Tsaqif

Tsaqif
Aktivisi merupakan media yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa di Indonesia, baik dalam bentuk berita, artikel, foto, maupun video. Dengan tagline aktual, akurat dan cerdas, Aktivisi yang berasal dari kata "aktivis" dan "visi" mengusung mimpi menjadi media profesional yang tunduk dan mengabdi untuk publik sesuai kode etik jurnalistik.

Mungkin Anda Suka

c44372c4-e882-4f27-9a2d-c21b5accddc0

H Aly Murtadhlo, Pesantren Benteng Pertahanan Moral Bangsa

Pesantren memiliki peran sentral dalam membangun moral bangsa. Kehadiran pesantren diharapkan bisa mencetak generasi pemimpin …

Tinggalkan Balasan